Blog Berisi Informasi Yang Bermanfaat Bagi Pembaca

Senin, 19 Agustus 2013

Rock In Solo 2013 Akan Digelar 3 November Mendatang

Rock In Solo 2013 Akan Digelar 3 November Mendatang. Setelah sempat diterpa kesimpangsiuran mengenai pengisi acara dan jadwal perhelatan, pihak penyelenggara Rock In Solo 2013 akhirnya memberikan pernyataan resmi. 


Dikutip melalui akun Twitter @rock_in_solo, akhirnya para metalheads mendapat kepastian bahwa gelaran ketujuh Rock in Solo akan dilangsungkan pada 3 November 2013, bertempat Benteng Vastenburg, sebuah lokasi bersejarah yang berada tepat di jantung kota Solo. “Rock In Solo akan tetap diadakan tahun ini, pada tanggal 3 November 2013, di benteng Vastenburg, Solo. #RIS2013” tulis penyelanggara Rock In Solo 2013 melalui akun Twitter tersebut. 

Selain itu, The Think Entertainment selaku pihak penyelenggara juga sudah mulai membuka penjualan tiket. Penjualan tiket dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: early birds, pre-sale, dan on the spot. Untuk saat ini, sesi penjualan tiket early birds sudah dibuka. Para metalheads sudah bisa menebus tiket tersebut seharga Rp. 100 ribu, dan akan mendapatkan gift dari penyelenggara. Untuk tiket early birds ini, baru bisa didapatkan di Belukar Cult. 

Jumlah tiket early birds sendiri tersedia terbatas. Jika kuota persediaan habis, maka sesi penjualan early birds akan ditutup dan menanti sesi penjualan tiket selanjutnya, yaitu pre-sale. Saat dihubungi Rolling Stone via telepon, Firman Prasetyo selaku deputi media & propaganda Rock in Solo 2013, menyatakan bahwa konsep Rock in Solo tahun ini sedikit berbeda dibandingkan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. 

“Tahun ini, kami sepakat untuk tidak lagi mencantumkan tagline ‘metal fest’. Kami tidak ingin menjadikan acara ini seolah seperti gelaran eksklusif bagi salah satu genre saja, kami ingin memperlebar jangkauan musiknya. Namun kami tetap memiliki standar, di mana para penampil Rock in Solo 2013 harus tetap berada pada jalur musik ‘kencang’.” Pemilihan benteng Vastenburg selaku tempat penyelenggaraan acara pun, dipilih bukan tanpa pertimbangan. 

Setelah melewati proses dialog dengan berbagai pihak —termasuk pemerintah kota, akhirnya penyelenggara sepakat untuk memilih lokasi peninggalan bersejarah itu sebagai tempat berlangsungnya acara Rock in Solo 2013. “Kami sudah bertemu dengan pihak pemerintah kota, dan mereka mempersilakan kami untuk menggunakan Vastenburg sebagai tempat penyelenggaraan. Sebelum dipakai untuk Rock in Solo, tempat ini juga akan dipakai untuk gelaran Solo International Performing Arts (SIPA). Jadi, pemerintah kota memang memiliki agenda untuk ‘menghidupkan kembali’ tempat ini. Kebetulan, visi dan misi kami juga sejalan.

” Saat disinggung mengenai kemungkinan adanya gangguan kecil, terkait izin tempat yang pernah menjadi lahan sengketa pemerintah dengan pihak swasta ini, Firman menjawab: “Sejauh ini, tidak ada. Proses izin kami berjalan lancar. Mudah-mudahan, ke depan juga berjalan seperti ini. Intinya, pemerintah kota Solo menyambut baik acara ini karena bisa menghidupkan kembali cagar budaya yang sempat terbengkalai.” Dari segi penampil dan persiapan panggung, untuk tahun ini juga terdapat beberapa perubahan. Jika sebelumnya di Rock in Solo 2012: Kingdom Metal Fest terdapat tiga panggung, besar kemungkinan untuk tahun ini hanya ada dua panggung. 

“Tahun ini mungkin kami menyediakan dua panggung saja. Namun, kami membuat terobosan dengan menghadirkan beberapa booth kecil, di mana terdapat lounge yang menampilkan performa DJ. Kami merujuk ke beberapa format acara di festival besar yang sudah ada sebelumnya, sebagai contoh: Soundwave.” Untuk penampil yang akan menjadi headliner di Rock in Solo 2013, Firman masih belum bisa membocorkan. “Yang jelas, band ini memiliki nama besar di Indonesia. Dan kami sudah menjalin kesepakatan dengan mereka,” ujar Firman. 

Sebelumnya, santer diberitakan bahwa akan ada beberapa nama besar yang akan mengisi acara Rock in Solo 2013, salah satu yang paling sering disebut oleh para metalhead adalah band heavy metal asal Virginia, Lamb of God. Namun melalui pernyataan resminya di Twitter pada siang hari ini (19/8), pihak penyelenggara menampik rumor tersebut. 

“Banyak yg bertanya soal headliner #RIS2013. Baiklah, kami bocorkan ya. Headliner tahun ini adalah: BLOG (Bukan Lamb Of God)” kicau akun Rock in Solo 2013 tersebut. Berdasarkan pemantauan Rolling Stone dari linimasa @Rock_in_Solo, sempat terjadi kesepakatan antara pihak penyelanggara dengan manajemen Lamb of God, namun karena berbenturan dengan masalah jadwal, penyelenggara akhirnya dihadapkan pada pilihan: mengorbankan Lamb of God dan menggantinya dengan band lain, atau tetap memaksakan menghadirkan Lamb of God, namun dengan tajuk konser tunggal. 

Akhirnya, penyelenggara memutuskan untk mencari pengganti Lamb of God, dan tetap menyelenggakan Rock in Solo. “Pilihannya adalah mengorbankan Lamb Of God atau mengorbankan Rock In Solo. Tanpa ragu kami pilih untuk mengorbankan Lamb Of God. Kenapa? Karena tujuan kami sejak awal di Rock In Solo adalah untuk bersenang-senang, bukan untuk semata mendatangkan Lamb Of God. #RIS2013,” tulis akun Rock in Solo. Rock in Solo 2013: New World Propaganda merupakan edisi ketujuh dari gelaran Rock in Solo yang digelar sejak 2004. 

Pada edisi perdana, berlokasi di GOR Manahan, Rock in Solo menampilan musisi lokal: yaitu, Seringai, The Brandals, Down for Life dan Tengkorak. Pada 2007, Rock in Solo mengusung tema Freedom Metal Fest mengambil tempat di Velodrome Stadion Manahan. Tampil sebagai pengisi acara antara lain Seringai, Burgerkill, Makam, Bandoso dan Down For Life. Tahun ketiga digelar pada 2009, Rock in Solo mengusung tema Youth Metal Fest dengan menghadirkan band asal Australia, Psycroptic bersama jawara metal lokal, seperti Nemesis, Burgerkill dan Death Vomit sebagai lineup. 

Edisi keempat digelar pada 2010 dengan tema Summer Metal Fest dan menghadirkan Dying Fetus sebagai pemuncak acara. Pada 2011, Rock in Solo mengusung tajuk Heritage Metal Fest dan menghadirkan Death Angel sebagai pemuncak acara yang dihadirkan di Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta. Pada gelaran 2011 tergolong istimewa, lantaran Walikota Solo waktu itu, Joko Widodo (Jokowi) hadir ikut menyaksikan. Pada 2012, Rock in Solo mengambil tema Kingdom Metal Fest, dan menunjuk band death metal asal New York, Cannibal Corpse sebagai pemuncak acara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rock In Solo 2013 Akan Digelar 3 November Mendatang