Blog Berisi Informasi Yang Bermanfaat Bagi Pembaca

Kamis, 30 April 2015

Cara Mengatasi Emosi Diri Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Emosi Diri Yang Berlebihan

Cara mengatasi emosi sangat perlu dilakukan untuk membuat diri kita tetap pada kondisi kontrol diri. Ada banyak metode yang dilakukan untuk mengatasi emosi ini, mulai dari konsultasi psikolog, mengkonsumsi obat penenang, terapi jiwa, hipnoterapi, dll. Rasa bahagia, sedih, serta amarah harus kita kendalikan agar hidup kita balance.

Pastilah berbeda keadaan emosi kita saat bahagia maupun saat marah. Yang terpenting adalah saat kondisi marah kita perlu untuk mengontrol diri agar tidak terjadi hal-hal diluar batas kemampuan kita. Berikit ini cara mengatasi emosi diri yang berlebihan :

  1. Ikhlaskan. Lepaskan semua beban dari pikiran anda terhadap sesuatu yang menimbulkan emosi ketika mengingatnya. Berusahalah bersikap dan berpikiran ikhlas terhadap kejadian yang telah terjadi.
  2. Curhat kepada orang lain. Ceritakanlah segala keluh kesah kepada orang yang anda percaya. Hal ini bisa membuat beban pikiran dan hati anda berkurang. Lebih baik lagi bila orang tersebut mampu memberi solusi kepada kita.
  3. Membaca. Membaca ternyata dapat meredakan bahkan melupakan permasalahan yang sedang kita hadapi. Otak anda akan dapat melihat sudut pandang baru dari permasalahan yang sedang anda hadapi. Bacalah buku-buku motivasi atau buku kesukaan anda misalnya komik, novel, dll.
  4. Instropeksi. Lakukan instropeksi secara berkala terhadap apa yang sudah anda lakukan. Cari sisi positif dan negatifnya. Ambil yang positif dan buang yang negatif. Berusahalah selalu memperbaiki diri dari instropeksi.
  5. Menyepi. Keluarlah dari aktifitas anda sehari-hari ketika anda sedang mengalami emosi. Datanglah ke tempat yang tenang favorit anda untuk menenangkan diri.
  6. Lakukan kilas balik. Ingatlah akan mimpi dan harapan anda di masa depan. Kenanglah masa lalu hingga anda bisa menjadi seperti saat ini. Menghargai proses merupakan hal yang besar ynag bisa anda lakukan untuk mengambil kepurtusan di masa mendatang.
  7. Alihkan pikiran. Segera ingatlah hal-hal yang sederhana yang mampu mengalihkan anda saat emosi. Misalnya dengan mengingat cerita lucu, kejadian romantis, berhitung dari 1 sampai 10, dsb.
  8. Berpikir logis. Saat kita menghadapi tekanan yang menyebabkan emosi, cobalah berpikir logis. Jangan gunakan perasaan sesaat untuk menyikapi sesuatu hal yang sedang anda hadapi. Pikirkanlah keuntungan dan kerugiandari tindakan yang akan anda ambil.
  9. Meditasi. Meditasi merupakan aktifitas yang dapat melatih dan mengontrol emosi kita. lakukan meditasi 30 menit setiap pagi. Keheningan akan membuat anda tenang dalam menghadapi setiap persoalan.
  10. Berdoa. Lakukan ibadah atau berdoa memohon ampunan serta mohon bimbingan agar disabarkan, diberi petunjuk dan mendapat bimbingan untuk keluar dari masalah.

Pengendalian emosi tidak hanya terpatok pada apa yang harus kita lakukan. Namun yang terpenting adalah menguasai karakter kita sebaik mungkin agar emosi dapat kita kendalikan. Seberapa parah kondisinya, jika kita bisa mengontrolnya maka akan bisa teratasi. Itulah cara mengatasi emosi diri yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Emosi Diri Yang Berlebihan

0 comments:

Poskan Komentar